BINATANG PALING ANEH DAN UNIK DI DUNIA


Binatang Paling Aneh Dan Unik Di Dunia

Binatang Paling Aneh Dan Unik Di Dunia / Ada banyak sekali spesies binatang di bumi ini, Diantaranya telah mengalami kepunahan karena tak dapet bertahan dari berbagai hal dan sudah tak dapat kita temukan lagi keberadaanya di bumi ini. Dan yang masih tersisa masih dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun taukah anda ada beberapa spesies binatang yang memiliki bentuk unik atau bahkan aneh yang mungkn belum pernah anda jumpai di sekitar anda sebelumnya.

Berikut ini binatang dengan bentuk yang paling aneh dan unik di dunia.



1.Katak Ungu India (Nasikabatrachus sahyadrensis)

indian-purple-frog

Katak Ungu India atau Nasikabatrachus sahyadrensis, pertama kali ditemukan pada tahun 1962, memiliki mata berwarna biru dengan tubuh yang sedikit kembung serta warna yang berwarna ungu pula. Katak ini memiliki beberapa nama dalam bahasa Inggris, antara lain katak ungu India dan katak moncong babi.

Selain bertubuh gempal dan memiliki panjang rata-rata 7 cm, katak ini memang berwarna ungu. Katak ungu dewasa memiliki warna ungu tua, sedangkan yang muda memiliki warna ungu yang sedikit lebih terang. Katak ungu ini hanya dapat ditemukan di bagian Barat India. Beberapa peniliti juga menemukan bukti-bukti keberadaannya di Madagascar.

Sebagian penduduk India percaya bahwa katak ini merupakan katak asli yang lahir dari keturunannya sendiri. Katak ini juga bila diperhatikan memiliki ciri khas di bagian lehernya seakan dia menyimpan persedian makanan di bagian tersebut.


4. Tikus Mondok Hidung Bintang

foto-hewan-ini-memiliki-22-tentakel-kecil-di-hidungnya

Tikus Mondok Hidung Bintang atau nama latinya Condylura Cristata, hewan semacam tikus tanah yang mempunyai tentakel di hidungnya. Hewan ini memiliki sekitar 22 tentakel kecil yang mengandung sekitar 25.000 sensor sentuh dan 100.000 serabut saraf. Tentakel itu dilapisi oleh organ-organ sensor yang disebut organ Eimer.

Tentakel-tentakel yang ada di hidung ini telah membuatnya lebih sensitif dibandingkan tangan manusia. Tidak heran si tikus mondok hidung bintang memiliki kemampuan sentuhan terbaik diantara semua hewan. Hidung yang sensitif ini menjadi pengganti mata dari si tikus yang memang rabun.

Hewan yang rata-rata berukuran 132-230mm dengan berat berkisar 40-85 gram. Habitat tikus modok hidung bintang adalah di daerah kota, pinggrian kota, rawa-rawa, kubangan, danau, sungai, semak-semak, hutan atau padang rumput. Tikus ini juga sangat mahir berenang. Berbeda dengan tikus modok lainnya yang tidak bisa berenang. Selain itu, tikus modok berhitung bintang adalah berbentuk hidung khas yang menyerupai anemone laut dan dapat menghasilkan suara yang sengau.


3.Kadal berduri (Moloch horridus)

thorny-devil-hatchling

Kadal Berduri atau Thorny Devil memiliki nama latin Moloch horridus, Salah satu jenis kadal yang paling aneh, unik & keren adalah thorny devil atau mountain devil lizard. Thorny devil ini berukuran sedang, yaitu 8-15 cm. Hewan ini bisa ditemukan di daerah-daerah gersang atau padang pasir di Australia. Biasanya, di tanah yang berdebu dan jarang ditemukan di tanah berbatu. Kadal ini dapat menyerap air dari kabut, kelembapan, dan pasir basah. Lalu, semua air itu disalurkan ke mulutnya sebagai minuman.


4.Ikan Kelelawar Bibir Merah

ikan-bibir-merah

Ikan ini bernama red-lipped batfish atau dikenal sebagai ikan kelelawar berbibir merah. Munculnya nama batfish karena siripnya yang lebar mirip kelelawar. Kita bisa menemukan ikan ini di Samudera Pasifik, dekat Kepulauan Galapagos. Ikan red-lipped batfish ini unik, karena memiliki empat kaki yang bisa berjalan. Sebagai hewan laut, ia dianggap sebagai perenang yang buruk. Soalnya, bukannya berenang, ia malah menggunakan dadanya untuk bergerak di dasar laut. Makanannya seperti udang, moluska, kepiting ketam, larva, dan tiram-tiram kecil.
Panjang ikan ini hanya sekitar 40 cm. Saat mulai dewasa, sirip punggungnya bersatu dengan tulang belakang. Oleh karena itu, banyak hewan yang tertipu olehnya. Selain bentuk badannya aneh, bibirnya yang merah dan tambahan kaki di atas hidungnya juga semakin memperunik hewan ini.


5. Axolotl (Ambystoma mexicanum)

5be5beeeb53798cce4abf52f6a38e980

Axolotl memiliki nama latin Ambystoma mexicanum, Terkadang disebut juga sebagai “Mexican Walking Fish” sebab ia terlihat seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. Akan tetapi, sebenarnya Axolotl bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang terdapat di Mexico City.

adalah tipe salamander yang bisa menghabiskan masa hidupnya dalam bentuk larva. Panjang Axolotl bisa mencapai 30 cm, tetapi rata-rata ukurannya hanya 15 cm.

 Warna tubuh mereka rata-rata hitam atau coklat kepirangan dan banyak juga yang albino dengan warna yang lucu misalnya merah muda. Hewan ini memiliki insang yang berada diluar tubuhnya.Insang ini tampak berada disamping kepalanya sehingga sepintas tampak seperti tanduk. Orang-orang Timur sering menimbulkan fantasi yang dikaitkan pada suatu legenda mengenai ular naga sehingga tidak jarang mereka disebut juga sebagai ikan naga.

Axolotl selalu hidup dalam air dan suka memakan ikan kecil, cacing, dan larva. Hewan ini terkadang muncul di permukaan air, tetapi ada juga yang menjelang dewasa dan bertambah besar tidak pernah timbul di permukaan air dan hanya tinggal di dasar danau selama hidupnya.Salamander jenis ini digolongkan dalam jenis berbahaya, karena dapat menyemburkan racun asin dari mulutnya, namun jika kelenjarnya di buang dengan benar maka hewan ini dapat di jadikan peliharaan.


6.Ular Buta (Atretochoana eiselti)

hewan-unik-dari-brasil

Ular buta memiliki nama latin Atretochoana Eiselti, Sebuah hewan spesies baru ditemukan sekelompok peneliti di sebuah dam yang terhubung dengan sungai Amazon. Dinamakan atretochoana eiselti, hewan ini mirip ular, tapi buta.  Para pakar biologi menemukan 6 ekor hewan yang masing-masing memiliki panjang sekitar 1 meter ini di dasar sungai Madeira di Rondonia, Brasil.

Hewan ini ditemukan pada bulan November lalu dan para peneliti masih belum menentukan genus ular tersebut. Hal ini mengkonfirmasi bahwa, hewan ini adalah spesies langka. Laporan ditemukannya hewan ini pernah ada di tahun 1968, namun sifatnya sporadis.

Menurut laporan, hewan ini punya kaitan erat dengan salamander dan katak, namun dari segi penampilan, lebih mirip ular. Hewan ini tak memiliki mata yang terlihat seperti ular, diperkirakan, hewan ini buta. Ia hidup di area berair yang hangat dan mengalir deras.


7.Oarfish ( Regalecidae)

380c307c86b5c7d6e462a0b8b09cc680

Oarfish (Regalecus glesne) adalah ikan besar memanjang dan sangat langka yang termasuk dalam famili Regalaciade, yang notabene-nya adalah sebuah famili kecil dalam kingdom Animalia. Hanya ada 4 spesies dari 2 Genera. Oarfish berenang di kedalaman 600 – 3.000 kaki, dan sangat jarang muncul ke permukaan air. Inilah penyebannya mengapa sangat sulit untuk menemukan ikan ini. Oarfish sebenarnya merujuk ke salah satu dari empat subspesies ini, tetapi pada umumnya digunakan untuk menyebut Raja Ikan Herring.

Oarfish yang sering dikenal sebagai Sea Serpent (Naga Laut) ini adalah ikan bertulang terpanjang di dunia. Tercatat, oarfish (Raja ikan Herring) terpanjang yang pernah ditemukan yaitu 17 meter (56 kaki). Bentuknya yang aneh dengan sirip di atas kepala yang berbentuk seperti jambul merupakan nilai tambahnya sebagai naga laut. Tubuhnya berwarna perak dan tidak memiliki sisik.

Dalam cerita rakyat Jepang, kematian oarfish dianggap sebagai pertanda akan adanya gempa bumi.


8.Saiga (Saiga tatarica)

viralnovadotcom_4

Saiga (Saiga tatarica) adalah sejenis antelop yang berhabitat di kawasan Stepa Eurasia, antara pegunungan Carpathia dan pegunungan Kaukasus hingga kawasan Mongolia. Tadinya, mereka ditemukan hingga wilayah Tanah Genting Bering pada zaman Pleistosen. Saiga dimasukkan ke dalam kategori kritis oleh IUCN. Hewan ini sekarang hanya dapat ditemukan di satu lokasi di Eropa, yakni di Kalmykia, Kaukasus, Rusia. Di Asia, hewan ini hanya ditemukan di dua negara, yaitu Mongolia dan Kazakhstan.


9.Glaucus Atlanticus

1721

Glaucus Atlanticus merupakan salah satu hewan paling unik yang belum diketahui banyak orang adalah siput samudra biru (Glaucus Atlanticus). Ada sejumlah hal yang menyebabkan kenapa hewan yang masih termasuk sebagai anggota ordo Nudibrachia (siput laut tak bercangkang) ini bisa dikatakan unik. Hal pertama jelas bisa dilihat dari bentuknya yg tidak biasa. Hewan yang rata-rata berukuran antara 5-8 cm ini sering disebut dengan Blue Dragon. Bentuknya yang unik ini juga membuat hewan ini sempat dikira sebagai serangga laut dan bahkan fase larva dari suatu spesies hiu.

Spesies ini terlihat mirip dan berkaitan erat dengan Glaucus Marginatus, yang sekarang diketahui tidak satu spesies, tetapi merupakan spesies kompleks tersembunyi dari empat spesies terpisah yang hidup di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Keunikan siput samudra biru adalah Siput ini tidak hanya kebal terhadap racun dari hewan-hewan mangsanya. Ia juga diketahui bisa menyerap racun dari hewan yg dimakannya tersebut & kemudian menyimpannya dalam anggota tubuh cerata yg bentuknya mirip jari-jari. Racun yg disimpannya tersebut lalu digunakan sebagai alat pertahanan bagi dirinya sendiri sehingga bisa dikatakan, siput samudra biru menjadi beracun dengan menyerap racun dari hewan lain. Karena bisa menimbun racun yg diserap dari mangsanya, siput samudra biru bisa memiliki kadar racun lebih tinggi dari mangsa-mangsanya sekalipun.


10.Semut Panda (Euspinolia militaris)

semut-panda_1-730x430

Semut Panda atau nama ilmiahnya Euspinolia militaris , Julukan semut panda memang tepat. Spesies tersebut memang menyerupai keduanya. Namun, jangan salah, spesies ini sama sekali bukan semut dan sama sekali bukan panda. E militaris adalah sejenis tawon tak bersayap yang memiliki sengatan kuat. Saking kuatnya, jenis ini juga dijuluki “cow killer”, mampu melumpuhkan sapi.
Meski memiliki penampilan lucu, spesies ini rupanya belum menarik banyak perhatian ilmuwan. Hingga saat ini, masih sedikit studi yang dilakukan.
Sejauh ini, hanya diketahui bahwa spesies ini dideskripsikan pertama kali pada tahun 1938, ditemukan di Cile, serta identitasnya ternyata bukan semut.


Nah itulan bebrapa hewan yang memiliki penampilan paling aneh dan unik di dunia.

Terima Kasih..




 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

COMPLETE FIELD BELOW! *