IKAN PALING ANEH DI DUNIA




Di lautan ada ribuan atau bahkan mungkin jutaan spesies mahluk yang hidup  dalamnya. Sebagian sudah biasa kita lihat , sebagian lagi jarang kita temui karena faktor kelangkaannya atau karena habitat hidupnya yang terlalu jauh di dasar lautan. Dan mungkin saja di dasar laut sana masih banyak spesies makhluk hidup yang sama sekali belum teridentifikasi atau belum pernah di lihat oleh manusia sama sekali.

Berikut ini beberapa makhuk laut yang memiliki bentuk-bentuk aneh dan jarang di lihat oleh manusia :


1.Fanfin Seadevil (Caulophryne jordani)

caulophryne-jordani

Fanfin Seadevil atau Caulophryne jordani,meskipun bentuknya menyeramkan dan ada kata “devil” di belakanya,tetapi dia masih masuk dalam keluarga ikan pemancing Angel Fish. Fanfin Seadevil atau Caulophryne jordani merupakan ikan jenis Angelfish yang memiliki rupa paling menyeramkan.

Tidak seperti anglerfish lain, Fanfin Seadevil tidak lampu berpendar di ujung sungutnya untuk memancing ikan kecil. Tubuh ikan ini berwarna hitam dengan sirip seperti  kumis pada kucing berbentuk kipas yang tidak beraturan. Wajah Fanfin Seadevil sering terlihat mirip mayat yang sudah membusuk beberapa hari dengan sungut yang keluar dari  bagian tubuhnya.

Fanfin Seadevil bisa ditemukan jauh di dasar lautan. dan karena tubuh tidak mempunyai zat warna terang, ikan ini nyaris mustahil dilihat di habitatnya. Dan satu lagi, ikan ini juga hidup di laut Indonesia yang berbatasan dengan Australia.


2.Fangtooth (Anoplogastridae)

fangtooth

Fangtooth atau Anoplogastridae hanya temukan di laut dengan  kedalaman 500-2000 meter. Ikan ini mempunyai wajah seperti tengkorak namun dihiasi dengan gigi-gigi runcing,tajam dan berjajar di mulutnya yang lebar.

Rupa Fangtooth menjadi terlihat lebih menakutkan dengan warna hitam pekatnya dan mata yang gelap. Singkat kata, Fangtooth lebih terlihat seperti ikan zombie yang akan dijauhi manusia.Untungnya, hingga saat ini Fangtooth terbesar yang ditemukan ukurannya tak sampai 20 sentimeter.


3.Barreleyes (Macropinna microstoma)

pez_cabeza_transparente

Ikan Barreleye adalah salah satu kreasi alam terbaik. Begitu melihat ikan ini, anda pasti akan mengira bahwa ikan barreleye seperti makhluk luar biasa yang mungkin terlihat seperti di beberapa penciptaan aneh untuk sebuah film sci-fi Hollywood. Ikan ini memiliki kepala berbentuk kubah transparan. Ikan ini memiliki mata berbentuk tabung yang sangat sensitif dan ditutupi oleh perisai cairan hijau yang membantu mereka menemukan mangsa overhead bahkan di kedalaman laut yang gelap gulita. Dua buah organ penciuman (mirip dengan hidung manusia) terletak di atas mulut mereka, bahkan banyak orang yang sering keliru dan menganggapnya sebagai mata mereka.
Mata silinder mereka yang tertanam di dalam kepala transparan menghadap ke atas. Mereka memiliki mulut kecil dengan moncong runcing. Sirip memanjang dan datar yang dapat memungkinkan mereka untuk mengapung. Ikan Barreleye memiliki organ cahaya di sepanjang tubuh mereka.

Ikan Barreleye ditemukan oleh ahli biologi kelautan, Chapman pada tahun 1939. Sebelumnya, ketika ikan Barreleye tertangkap, struktur kepalanya yang rapuh tersebut hancur saat mereka membawanya ke permukaan. Namun dengan munculnya teknologi canggih, spesimen hidup dan fitur kepala transparan dari ikan ini dapat ditangkap oleh para peneliti dengan kamera khusus. Peneliti bernama Robinson dan Reisenbichler kemudian mengamati dan memfilmkan ikan Barreleye seolah-olah seperti hidup di habitat alami mereka, dan dipelihara di dalam aquarium untuk dipelajari lebih banyak lagi.


4.Goblin Shark (Mitsukurina owstoni)

33dwd92

Hiu Goblin atau Mitsukurina owstoni adalah spesies hiu laut dalam langka yang kurang dipahami. Kadang-kadang disebut “fosil hidup”, itu adalah satu-satunya wakil yang masih ada dari keluarga Mitsukurinidae, garis keturunan tua sekitar 125 juta tahun. Hewan berkulit merah muda ini memiliki profil ciri yang khas dengan moncong pipih memanjang, dan rahang yang sangat protrusible yang mengandung gigi seperti kuku yang dapat menonjol keluar. Hiu ini panjangnya biasanya antara 3 dan 4 m (10 dan 13 kaki) ketika dewasa, meskipun dapat tumbuh jauh lebih besar. hiu Goblin mendiami lereng atas benua, lembah bawah laut, dan gunung laut di seluruh dunia pada kedalaman lebih dari 100 m (330 ft), dengan spesimen dewasa yang ditemukan lebih dalam daripada spesimen remaja.


5.Sarcastic Fringehead (Neoclinus blanchardi)

611834_085e27665bd5d3670e88d6844db5a806_large

Sarcastic Fringehead atau Neoclinus blanchardi adalah ikan ganas yang memiliki mulut besar dan perilaku teritorial agresif. Mulut ikan Sarcastic Fringehead adalah mulut ikan terbesar di dunia. Ketika dua fringeheads memiliki pertempuran teritorial, mereka bergulat dengan menekan mulut buncit mereka terhadap satu sama lain, seolah-olah mereka berciuman. Hal ini memungkinkan mereka untuk menentukan yang merupakan ikan yang lebih besar, yang menetapkan dominasi.

Ditemukan di pantai Pasifik Amerika Utara, Fringehead Sarkastik adalah semacam blenny. Yang satu ini berbeda, aneh karena blenni biasanya kecil, pemalu, hal-hal kecil yang membuat diri mereka tersembunyi di celah-celah.

Mereka bisa tumbuh sampai 30 cm (12 in) panjang, memanjang dan ramping dan sebagian besar scaleless dengan sirip dada besar dan mengurangi sirip perut. Mereka cenderung bersembunyi di dalam kerang atau celah. Setelah perempuan memunculkan bawah batu atau kerang liang maka laki-laki menjaga telur. Mereka ditemukan di Pasifik, di lepas pantai Amerika Utara, dari San Francisco, California, ke pusat Baja California dan kisaran kedalaman mereka 3-73 meter (9,8-240 kaki).


6. Blobfish (Psychrolutes marcidus)

blobfish-jpg-638x0_q80_crop-smart

Psychrolutes marcidus atau dalam bahasa Inggris di sebut Blobfish adalah ikan laut dalam dari keluarga Psychrolutidae. Mendiami perairan dalam lepas pantai daratan Australia dan Tasmania, ikan ini jarang terlihat oleh manusia.

Ikan ini tinggal di kedalaman antara 600–1,200 m (2,000–3,900 ft) di mana tekanan beberapa lusin kali lebih tinggi daripada permukaan laut, yang kemungkinan akan membuat gas kandung kemih tidak efisien untuk menjaga daya apung.Sebaliknya, daging ikan ini memiliki massa jenis yang lebih ringan dari air, hal ini memungkinkan ikan untuk melayang di atas dasar laut tanpa mengeluarkan energi untuk berenang. Relatif kurangnya otot pada ikan ini bukan suatu hal merugikan karena Blobfish dapat memakan apa saja yang mengambang di depannya. Blobfish memakan invertebrata seperti kepiting dan pena laut.


7. Frog Fish ( Antennariidae)

frog-fish-info

Frogfish atau Antennariidae adalah sejenis hewan atau ikan yang ditemukan Ted Pietsch, Rachel Arnold dan David Hall. Tiga instruktur penyelam asal Amerika, itu mempublikasikan penemuannya itu di jurnal ilmiah Copeia, 2008. Dari hasil publikasi itu, Frogfish sangat terkenal di dunia, karena bentuknya yang unik serta perilakunya berbeda dengan jenis ikan lainnya. Frogfish dapat mengganti warna kulit menyerupai lingkungannya, terdiri dari berbagai bentuk.

Frogfish pertama kali ditemukan di Negeri Laha, sebuah desa pesisir perairan dangkal Pulau Ambon. Selain di teluk Ambon, beberapa spot di Bali dan Sulawesi juga memliki frogfish dalam berbagai bentuk dan warna. Tetapi kini ikan unik itu terancam punah. Para penyelam sulit sekali mendapatkannya, karena ekosistemnya mulai rusak oleh pencemaran.


8.Hagfish ( Eptatretus stoutii)

sea-gallery-08-09-se32

Ikan Hagfish adalah ikan purba pemakan bangkai yang dipercaya memiliki hubungan dengan mahluk vertebrata tertua yang pernah ada.
Ikan ini dikenal sebagai ikan yang memiliki cara makan yang menjijikkan. Bila ada bangkai yang teronggok di dasar laut, maka, ia akan mencari lubang di bangkai itu. Dari lubang itulah kemudian ikan Hagfish makan.
Saat makan pun, ikan Hagfish tak hanya melahap makanan dari mulutnya. Menurut penelitian yang dilaksanakan oleh para peneliti, ikan Hagfish ternyata juga makan melalui kulit dan insangnya.
Tak heran bila ikan buta ini berusaha untuk menelusup ke dalam lubang bangkai mahluk yang telah mati. Pasalnya, saat ia bisa masuk ke dalam, ia akan menyerap nutrisi berkonsentrasi tinggi.
Selama ini, hanya binatang invertebrata (yang tak punya tulang belakang) yang menyerap makanan mereka dari kulit, seperti cacing atau moluska. Namun, tidak ada binatang vertebrata (bertulang belakang) yang bisa melakukannya.

9. Hatchetfish (Argyropelecus Gigas)

tumblr_o5hjvxcoiw1v9gs2ko1_1280

Hatchetfish atau Argyropelecus Gigas dan dikenal di beberapa daerah sebagai Greater Silver Hatchetfish, Ikan yang berwajah aneh ini ditemukan di perairan tropis dan subtropis pada kedalaman 200-6000 meter di Atlantik, Pasifik dan Hindia. Memakan makhluk-makhluk yang lebih kecil di jurang, seperti copepoda (sejenis Crustaceae) spesies terbesar yang dikenal hanya berukuran 12 cm. Ikan ini terlihat seram meskipun dengan mata yang terlihat kosong dan tanpa gigi-gigi yang tajam .


10.River Lamprey (Lampetra fluviatilis)

1186850330

River Lamprey atau Lampetra fluviatilis, Meski mirip belut tapi mereka ini adalah benar-benar dari jenis ikan. PAnjangnya dapat mencapai panjang 75 sentimeter dan berat lebih dari satu pon (sekitar hampir setengah kilogram). Mulutnya dapat beradaptasi sehingga bisa mengisap dan menempel pada batu, dimana ini penting untuk menghemat energi saat mereka sedang melawan derasnya arus. Dibandingkan dengan salmon, lamprey adalah perenang yang buruk, tetapi mereka masih dapat melakukan perjalanan jarak jauh dalam waktu yang singkat.

Lamprey memainkan peran penting dalam ekosistem sebagai makanan untuk mamalia lainnya, ikan dan burung, demikian juga pada siklus makanan dan penyimpanan, serta sebagai mangsa penyangga bagi spesies lain.

Lamprey menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam ukurannya yang relatif kecil, seperti cacing, di dalam sedimen sungai, memakan ganggang dan organisme kecil. Setelah lima sampai tujuh tahun, mereka bermigrasi ke laut. Mereka hidup di laut selama dua tahun atau lebih, di mana mereka tumbuh menjadi dewasa dan menjadi parasit pada ikan yang lebih besar dan mamalia laut lainnya. Seperti salmon, lamprey kemudian berenang kembali ke air tawar, di mana mereka bertelur di daerah yang sama dengan salmon. Mereka mati setelah bertelur kembali, mengembalikan  nutrisi laut mereka di arus sungai untuk kepentingan spesies lain.


Itu dia beberapa ikan yang memiliki bentuk paling aneh di dunia.




Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

COMPLETE FIELD BELOW! *